Otak-Otak Labuan, Kuliner Legendaris dari Pesisir Pandeglang

Selasa 11-06-2024,14:41 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Jika ada satu kuliner yang mampu mengguncang selera di pesisir laut Kabupaten Pandeglang, Banten, maka Otak-Otak Labuan adalah jawaranya.

Otak-otak Labuan, yang terbuat dari olahan ikan segar dan dibungkus dengan daun pisang, adalah manifestasi sempurna dari cita rasa pesisir yang memikat hati dan lidah siapa saja yang berani mencicipinya.

Bayangkan pesona pesisir Banten bagian barat, yang tidak hanya dikenal sebagai kawasan nelayan tetapi juga sebagai surga destinasi wisata pantai. Di sinilah, Otak-Otak Labuan berkuasa, menjadi primadona bagi para pelancong yang mencari kenikmatan sejati dari laut. Tak heran, makanan khas Pandeglang ini menjadi buruan wajib bagi setiap pengunjung pantai.

Labuan, sebuah kecamatan di Pandeglang, adalah jantung dari segala kelezatan laut ini. Terkenal sebagai penghasil ikan laut, Labuan menjadi sumber dari mana ikan-ikan berkualitas tinggi disebar ke seluruh wilayah Pandeglang. Dari sinilah, Otak-Otak Labuan lahir dan menyebarkan pesonanya.

BACA JUGA:Emping Menes, Permata Kuliner Pandeglang yang Tak Tergantikan

Dengan aroma ikan yang begitu kuat, setiap gigitan Otak-Otak Labuan adalah sebuah perjalanan rasa. Lembutnya tekstur yang meleleh di mulut dan harumnya yang membelai hidung, membuat siapa saja sulit berhenti makan.

Aroma pepes ikan yang menggoda berpadu sempurna dengan wangi daun pisang yang dibakar, menciptakan harmoni rasa yang tak tertandingi.

Keajaiban kuliner ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka atau aci, dibumbui dengan santan, bawang putih, merica, gula pasir, dan garam.

Setiap otak-otak dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di atas arang, hingga wanginya menyeruak dan memanggil siapa saja yang berada di dekatnya.

BACA JUGA:Pesona Kuliner Pandeglang: Kue Kikiping yang Menggoyang Lidah Sejak Zaman Baheula

Otak-Otak Labuan dapat dinikmati sebagai pendamping nasi atau langsung sebagai camilan yang lezat. Disajikan dengan sambal kacang yang menggoda, aroma tenggiri yang kuat, wangi daun pisang, dan rasa sambal kacang yang pedas manis menciptakan simfoni rasa yang tiada duanya.

Tidak sulit menemukan Otak-Otak Labuan. Rumah makan di sepanjang pesisir Labuan-Pantai Carita selalu menyediakannya sebagai oleh-oleh.

Sepanjang pesisir ini, Anda akan menemukan penjual yang menjajakan otak-otak, terutama saat liburan di pantai sekitar Labuan-Carita.

Jika Anda belum merasakan sensasi Otak-Otak Labuan, maka Anda belum merasakan kenikmatan sejati dari pesisir barat Banten. Segeralah berlibur ke Pandeglang dan biarkan lidah Anda dimanjakan oleh kelezatan yang tiada tara ini. (*)

Kategori :