6 Program Mudik Gratis, Cek Tanggalnya Jangan Sampai Kehabisan Kuota

Senin 04-03-2024,11:12 WIB
Reporter : Nuraini Wildayati Kamilah
Editor : Haidaroh

Program ini diprioritaskan bagi masyarakat yang berdomisili di Banten atau memiliki KTP Banten.

Kota-kota tujuan mudik adalah Palembang, Tasikmalaya, Cirebon, Garut, Banyumas, Brebes, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Sementara itu, kepulangan ke Banten dari Terminal Kalidales, Tanjung Priok, Bandung, Bogor dan Yogyakarta. Syaratnya, kamu harus memiliki KTP Banten atau lahir di Banten.

Kamu yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri secara online di jawaramudik.bantenprov.go.id mulai tanggal 10-22 Maret 2024.

BACA JUGA:Bukan Hanya dari Banten, Pemprov Banten Juga Sediakan Mudik Gratis dari Luar Banten

4. Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar) menyelenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024 untuk masyarakat.

Sebanyak 3.000 tiket mudik gratis telah disediakan. Program ini menyasar warga yang ingin pulang kampung ke berbagai kota tujuan seperti Yogyakarta, Solo, Tasikmalaya, Sukabumi, Pangandaran, Cilegon, dan Kuningan.

Bus Mudik Gratis Dishub Jabar berangkat dari Bandung, Bogor, Depok dan Yogyakarta. Pendaftaran untuk mengikuti Mudik Gratis Dishub Jabar dibuka mulai tanggal 1-25 Maret 2024.

5. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan program mudik gratis untuk Lebaran 2024, yang mengakomodasi total 27.000 penumpang ke 19 kota di Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan 259 bus untuk arus mudik dan 210 bus untuk arus balik.

Selain itu, sebanyak 13 truk tersedia untuk mengangkut sepeda motor untuk perjalanan mudik dan 10 truk untuk perjalanan balik.

Program mudik gratis ini untuk mengurangi beban masyarakat sekitar dan pada saat yang sama mengimbau masyarakat DKI Jakarta untuk tidak melakukan perjalanan jauh dengan membawa barang bawaan berlebih pada kendaraan roda dua.

6. Mudik Gratis Bank Mandiri dan Indomaret

Mudik gratis 2024 juga akan diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan Indomaret.

Kategori :