Melimpah di Sumatera Selatan, Buah Ini Ternyata Mampu Atasi Anemia

Minggu 21-01-2024,14:16 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Buah ini terkenal di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Buah ini familiar di Bumi Sriwijaya karena produksinya melimpah saat musim panen dan cukup digemari karena rasanya yang manis. 

Buah ini namanya adalah duku. Buah-buahan dari anggota suku Meliaceae ini kerap diperjualbelikan hingga ke Pulau Jawa pada saat musim panen. 

Buah dengan karakteristik berbentuk bulat dan berwarna kuning ini punya rasa yang khas saat dikonsumsi. Teksturnya lembut, juicy, dan memiliki rasa manis yang khas. 

Tak ayal buah ini menjadi salah satu buah yang kerap diburu saat pelancong di Sumatera Selatan. 

Dibalik rasa yang enak saat dimakan, buah ini ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat mengatasi anemia. 

Hal itu dikarenakan buah duku kaya akan vitamin seperti riboflavin dan tiamin. Untuk diketahui, riboflavin berperan penting dalam produksi sel darah merah dan sekaligus pertumbuhan tubuh secara keseluruhan.

Selain dapat memproduksi sel darah merah, mengonsumsi buah duku juga dapat mencegah dan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal itu dikarenakan buah duku mengandung senyawa antioksidan yang diketahui bermanfaat penting bagi tubuh. 

Perlu untuk diketahui bahwa radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel yang dapat memicu beberapa penyakit, seperti contohnya pembentukan tumor.

Di dalam buah duku juga terdapat kandungan lain yang bermanfaat. Kandungan itu bernama limonoid yang bersifat antikanker. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan nutrisi yang ada di dalam 100 gram buah duku dilansir dari Kementerian Kesehatan RI: 

1. 82 gram air

2. 1 gram protein

3. 0,2 gram lemak dan 16,1 gram karbohidrat

4. 18 miligram kalsium

5. 9 miligram Fosfor

Kategori :