Hindari 4 Jenis Makanan Ini Bagi Penderita Asam Lambung, Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Rabu 13-12-2023,22:30 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Perhatikan beberapa jenis makanan yang perlu kamu hindari, bagi kamu yang menderita asam lambung, sebelum asam lambung kamu menjadi lebih parah.

Penyakit asam lambung atau biasa disebut GERD adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan atau kerongkongan.

Juga dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati, mulas dan berbagai gejala pada dada bagian bawah dan perut. 

Orang dengan penyakit ini biasanya mengalami refluks asam ringan minimal 2 kali dalam seminggu dan jika sudah kronis, akan terasa minimal 1 kali seminggu. 

Oleh karena itu, penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) perlu mengetahui cara mengurangi gejalanya, misalnya melalui perubahan gaya hidup atau minum obat.

Banyak faktor utama yang bisa menyebabkan asam lambung ini naik, sehingga perlu adanya kewaspadaan diri untuk menghindari penyakit ini menjadi lebih serius.

Berikut merupakan beberapa faktor makanan yang bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung, yang tentunya harus dihindari:

BACA JUGA:Harus Diet, Tapi Kamu Punya Asam Lambung? Berikut Caranya

1. Makanan Pedas

Makanan pedas sering dibuat dari cabai yang mengandung capsaicin, di mana kandungan itu dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan dan menyebabkan peningkatan lambung.

Makanan pedas ini tentunya harus dihindari, karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan asam lambung kamu akan lebih berisiko.

2. Buah Asam

Buah asam ini lebih baik dihindari, karena adanya kandungan asam di dalamnya, sehingga dapat meningkatkan asam lambung

Adapun salah satu buah yang mengandung asam ini seperti nanas, karena Nanas merupakan buah yang sangat asam. 

Ada juga buah lainnya yang mengandung asam seperti Jeruk, tomat, lemon, jeruk nipis dan masih banyak lagi, sehingga alangkah lebih baiknya dihindari.

Kategori :