Jangan Sepelekan Oli Gardan Motor Matic, Simak dengan Baik Fungsinya

Selasa 12-12-2023,12:19 WIB
Reporter : Eko Fajar Abdillah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Pemilik motor matic harus mengetahui bahwa jenis motor matic menggunakan dua jenis oli berbeda yakni oli mesin dan oli gardan atau transmisi. Namun sering kali pemilik motor matic melupakan pentingnya oli gardan bagi motor matic.

Padahal, oli gardan yang baik sangat penting bagi kinerja gardan itu sendiri. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan.

Apalagi disaat musim hujan seperti ini, semua pemilik kendaraan harus sesering mungkin mengecek kendaraan, jangan sampai oli tercampur air hujam atau genangan air saat banjir. Karena, jika oli sampai tercampur air, maka akan berubah menjadi coklat seperti susu, dan itu akan merusak komponen mesin.

Untuk itu, wajib bagi para bikers khususnya pengguna motor matic untuk lebih memperhatikan oli gardan.

Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic

Oli gardan pada motor matic berfungsi untuk melancarkan kinerja tranamisi otomatis. Terdapat banyak komponen yang saling bergesekan pada bagian tersebut.

BACA JUGA:6 Hal Ini Harus Diperhatikan Agar Motor Kamu Tetap Baik Saat Musim hujan

Jika tidak ada pelumas yang cukup, maka akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT di bagian belakang. Oleh karena iti, penting bagi anda untuk memperhatikan dan mengganti oli gardan secara berkala.

Oli Gardan Motor Matic Sering Terlupakan

Pemilik motor matic kerap meremehkan pentingnya oli gardan dengan tidak menggantinya. Padahal fungsinya sangat penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika oli gardan tidak diganti secara rutin, maka akan merusak gear ratio.

Bunyi bising dari dalam box CVT akan muncul sebagai tanda bahwa komponen tersebut rusak. Hal ini terjadi karena kekentalan oli sudah berkurang dan terjadi gesekan hebat antar komponen.

Efek Telat Mengganti Oli Gardan

Ada beberapa efek yang ditimbulkan jika telat mengganti oli garandan diantaranya suara mesin menjadi berisik, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman, setang yang bergetar membuat saat berkendara menjadi tidak nyaman, bearing gardan rusak.

Kondisi jauh lebih buruk adalah rusaknya bearing gardan yang menempel pada bak CVT. Fungsinya adalah menyelaraskan putaran mesin dan pully bagian depan.

Maka dari itu, penting bagi pengguna motor matic untuk memperhatikan penggantian oli gardan secara rutin, untuk menjaga performa motormu selalu baik serta meningkatkan keselamatan dalam berkendara. (*)

Kategori :