Manfaat Pohon Natal Cemara dan Pinus Asli Bagi Kesehatan Tubuh, Hindari Pohon Berbahan Plastik

Kamis 07-12-2023,21:30 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Natal sebentar lagi, ini dia manfaat pohon natal bagi kesehatan tubuh, sudah tahubelum? Begini lengkapnya.

Dari 1 bulan hingga beberapa hari sebelum Natal, umat Kristiani memasang pohon Natal di rumah mereka. Ingat, berbagai dekorasi akan diperbaiki untuk membuat cemara terlihat lebih indah.

Sayangnya, semangat memasang pohon Natal yang merupakan sebuah tradisi sejak seabad lalu, tampaknya semakin memudar. 

Bahkan, banyak yang lebih suka memasang dan mendekorasi pohon Natal sebelum D-Day atau tepat pada hari natalnya.

Banyak manfaat dari adanya pohon natal, baik berupa pohon cemara ataupun pohon pinus itu. Untuk memaksimalkan manfaat pohon Natal, disarankan untuk menggunakan pohon cemara atau pinus asli daripada yang plastik.

Berikut merupakan manfaat adanya pohon natal asli, baik berupa pohon cemara ataupun pohon pinus, sebagai berikut:

1. Penghasil Oksigen

Mendekorasi pohon Natal asli lebih bermanfaat karena dapat menghasilkan oksigen bagi manusia. 

Jika Anda tidak dapat menemukan pohon Natal asli, Anda juga dapat menggunakan tanaman berukuran sedang lainnya. Namun, pastikan Anda bisa meletakkan tanaman tersebut di dalam rumah.

Kemudian, hiasi saja sesuatu yang semenarik dan seindah mungkin dengan dekorasi Natal. Perasaan nostalgia tercapai, Anda juga dapat menikmati cadangan oksigen Oktober tambahan.

BACA JUGA:Paket Liburan Akhir Tahun ke Labuan Bajo Cuma 7 Jutaan Sudah Live On Board

2. Pohon Natal Asli Tanpa Zat Berbahaya

Sebuah koalisi petani yang sadar lingkungan, sekelompok petani di AS, menjalankan kampanye untuk membantu orang memasang pohon Natal asli alih-alih polivinil klorida (PVC).

Hal ini karena plastik pohon Natal yang diimpor dari China seringkali mengandung timbal yang berbahaya bagi kesehatan. 

Namun sangat sulit untuk menemukan pohon pinus asli di Indonesia kecuali Anda pernah berwisata ke dataran tinggi.

3. Pencegah Kesehatan Mental

Memiliki tanaman yang hidup di lingkungan sekitar terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental. Misalnya, tidak hanya mengurangi stres dan kecemasan, tetapi juga meningkatkan mood.

Jika pohon Natal terlihat dari tempat kerja Anda, hal itu juga dapat bermanfaat bagi kualitas dan produktivitas pekerjaan. 

Diketahui bahwa berada di sekitar tanaman hidup meningkatkan perhatian dan daya ingat, meningkatkan produktivitas dan membuat Anda lebih kreatif.

4. Baik untuk Lingkungan

Pemanfaatan pohon pinus di habitat aslinya adalah untuk menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida dari lingkungan. 

Setelah digunakan sebagai pohon Natal, pinus akan terurai dengan baik, tidak seperti plastic yang justru berujung menjadi sampah semata dan tidak dapat diuraikan.

5. Pewangi Ruangan Alami

Pohon cemara asli bisa menjadi pengharum ruangan alami untuk rumah Anda. Cemara harum itu sendiri sangat populer pada umumnya.

Buktinya, banyak produk wewangian, seperti carbolic room dan car fragrance, menggunakan wewangian cemara. Dengan memasang pohon asli, rumah Anda juga akan berbau "Natal".

Hirup aroma yang menyegarkan dari pohon Natal asli ini dan Anda pasti akan merasa lebih baik dan fresh karena aromanya yang sangat khas.

Itulah merupakan manfaat dari adanya pohon natal asli yang biasa digunakan sebagai hiasan di hari natal, baik berupa pohon cemara atau pohon pinus.(*)

BACA JUGA:Ini Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Kategori :