Tips Gerakan Olahraga untuk Menghindari Postur Tubuh Bungkuk

Sabtu 03-02-2024,11:16 WIB
Reporter : Konitatu Rahmah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Banyak orang yang memiliki masalah dengan postur tubuh mereka. Faktanya, Postur Tubuh yang tidak normal atau terlalu bungkuk dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan berdampak negatif pada kesehatan Anda. Untuk mencegah masalah postur tubuh ini, disarankan untuk melakukan beberapa latihan seperti membungkuk ke depan, pose meja, pose anak, papan tinggi, dan anjing menghadap ke bawah.

Bungkuk adalah gangguan Postur Tubuh yang dapat mengganggu penampilan seseorang. Penyebab bungkuk yang paling umum adalah kebiasaan postur tubuh yang buruk seperti postur membungkuk yang berlebihan, sering membawa beban berat di pundak, dan duduk dalam jangka waktu yang lama.

Jika Postur Tubuh bungkuk tidak diobati, maka dapat menyebabkan komplikasi seperti gangguan gerak, gangguan pencernaan dan pernapasan. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi ini, gerakan-gerakan berikut ini harus dilakukan setiap hari untuk memperbaiki postur bungkuk:

1. COBRA POSE

Memanjangkan tulang belakang ke belakang. Memperkuat otot-otot punggung, panggul dan perut bagian bawah dan membiasakan tubuh dengan bungkuk.

2. CHILD'S POSE

Latihan untuk menghindari bungkuk dengan meregangkan punggung, bokong dan paha belakang serta melemaskan otot punggung dan leher.

BACA JUGA:Rekomendasi Olahraga untuk Usia Lanjut, Cocok untuk Para Kaum Lansia

3. FORWARD FOLD

Meredakan ketegangan pada tulang belakang, pinggul, paha, punggung bawah dan kaki.

4. TABLE POSE

Meregangkan tulang belakang dan melemaskan bahu dan leher.

5. DOWNWARD FACING DOG

Latihan untuk memperbaiki sedikit bungkuk. Meregangkan tulang belakang dan meredakan nyeri punggung.

6. HIGH PLANK

Kategori :