Tips Memilih Durian Manis Agar Tidak Tertipu

Senin 27-11-2023,13:19 WIB
Reporter : AnggerGita Rezha
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Buah durian merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari masyarkaat.

Durian yang yemiliki rasa yang manis dengan kombinasi pahit membuat buah ini kerap diburu untuk dikonsumsi.

Anda harus tahu bagaimana cara memilih durian yang memiliki rasa manis. Adapun tipsnya antara lain dapat dilakukan dengan.

1. Melihat bentuknya 

Durian yang memiliki rasa manis dapat dilihat dari bentuknya yang bulat dan berbentuk lonjong. Selain itu, durian juga dapat dilihat dari warnanya. Jika berwarna hijau, berarti buah durian belu masak dan jika susah berwarna coklat berati sudah masak. 

Selain itu, anda juga dapat memilih buah durian yang memiliki duri jarang. Umumnya, durian berduri jarang memiliki rasa lebih manis dari yang berduri rapat.

Selain itu, buah durian masah juga dapat dilihat dari bentuk tangkainya. Jika tanggai pada buah durian berukuran besar maka dapat dibastikan ukuran buah besar dan manis karena banhak menerima nutrisi.

Jika tangkainya berwarna lebih gelap berarti sudah tua atau cukup lama dari waktu panennya, jika masih berwarna coklat muda berarti baru saja dipetik. 

Durian tanpa tangkai perlu dicurigai karena kemungkinan dipotong oleh penjual yang berniat menjual durian dengan kualitas buruk atau kurang segar.

2. Aroma

Buah durian yang matang dapat dibedangan dari aromanya. Durian yang matang memiliki aroma khas durian yang wangi sebelum dibelah. Umumnya, pedagang durian membelah kulit durian dan  menaruhnya pada bagian bawah untuk menarik perhatian pembeli.

3. Goyang dan degarkan

Durian yang masak dapat dibedakan dengan cara menggoyangkan. Dengarkan, jika terdapat suara benturan keras dari dalam buah durian menandakan jika buah tersebut belum matang. 

Di Indonesia, kini bermunculan beragam jenis durian lokal yang  banyak diminati. Salah satunya adalah Durian Bawor yang berhasil dikembang biakan di daerah Banyumas, Jawa Tengah dan Durian Medan. (*)

Kategori :

Terkait