Kawah Wurung, New Zealand Rasa Jawa, Pesona Wisata Bondowoso Jawa Timur

Kamis 23-11-2023,10:49 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Kawah Wurung, sebuah destinasi wisata Bondowoso Jawa Timur, adalah sebuah cekungan berkawah yang terdiri dari padang rumput (sabana) dan pegunungan.

Seperti yang dinyatakan dalam beberapa sumber, destinasi wisata Bondowoso Jawa Timur, Kawah Wurung berasal dari bahasa Jawa, wurung yang berarti 'kegagalan'.

Hal ini dikarenakan Kawah Wurung merupakan kawah yang tidak pernah terbentuk. Namun, meskipun tidak pernah terbentuk, kawah ini dikelilingi oleh rerumputan seperti cekungan yang mempesona dan menjadi destinasi wisata Bondowoso Jawa Timur. 

Karena Kawah Wurung berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, maka udara di sekitar lokasi wisata Bondowoso Jawa Timur ini terasa jauh lebih tinggi. 

BACA JUGA:Ledok Sambi, Wisata Yogyakarta Gratis Penawar Letih Setelah Jemu oleh Hiruk Pikuk Kehidupan Kota

Keindahan objek wisata Bondowoso Jawa Timur ini dapat dibandingkan dengan padang rumput di New Zealand atau Selandia Baru.

Bentuk perbukitan dan keindahan pepohonan membuat Kawah Wurung mendapat julukan 'zamrudnya Bondawoso'.

Kawah Wurung memang pantas mendapatkan kehormatan ini. Karena memang benar adanya.

Terbentuknya Kawah Wurung diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, jauh sebelum permukiman dan kehidupan masyarakat seperti yang kita kenal sekarang.

Ditelusuri dari berbagai sumber bahwa Kawah Wurung terbentuk dari letusan freatomagmatik magmatik dan letusan monogenetik.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Malang Dengan Suasana Pedesaan Ala Jepang

Dan Anda harus tahu bahwa Kawah Wurung merupakan objek wisata alam yang indah. Lokasinya berdekatan dengan objek wisata Kawah Ijen Jawa Timur.

Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang paling populer dari Dataran Tinggi Ijen yang berada di Kabupaten Bondawoso.

 
        Lihat postingan ini di Instagram  
 
                  Sebuah kiriman dibagikan oleh Fikri Muharom | Indonesia Landscape Photographer (@fiklifetrip)

Kawah Wurung merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi Anda ketika berkunjung ke Kabupaten Ijen Bondawoso.

Sempat terkena musibah kebakaran beberapa waktu lalu, wisata alam Jawa Timur ini tetap harus menjadi wishlist travel Anda.

Tags : #wisata bondowoso #wisata alam #new zealand #kawah wurung #kabupaten bondowoso #jawa timur #ijen
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini