Tak Hanya Gadis Kretek Inilah Deretan Karya Ratih Kumala yang Harus Kamu Tahu

Rabu 15-11-2023,17:00 WIB
Reporter : Nuraini Wildayati Kamilah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Novel karya Rtaih Kumala berjudul Gadis Kretek yang diangkat menjadi film origina Netflix dengan judul yang sama ramai dibicarakan.

Ratih Kumala menerbitkan Gadis Kretek pada tahun 2012 yang kemudian diadaptasi menjadi film oleh sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Pada artikel sebelumnya kami membahas profil singkat dari Ratih Kumala, kali ini kami akan mengupas deretan novel yang ditulis oleh Ratih Kumala.

1. Tabula Rasa (2004)

Cinta tak selamanya harus memiliki. Begitu pula cinta Galih dan Raras. Dalamnya cinta Galih pada Krasnaya, gadis Rusia yang telah begitu memikatnya, membuat Galih sulit untuk jatuh cinta lagi. 

Bahkan kematian Krasnaya tak bisa mengubur cintanya pada gadis itu sampai kemudian dia bertemu Raras. 

Tetapi cintanya pada Raras bertepuk sebelah tangan. Raras ternyata tidak bisa menerima cinta Galih, ayah dari janin yang pernah dikandungnya.

Cinta Raras hanya untuk Violet, sahabat wanitanya yang meninggal dunia akibat overdosis. Kisah cinta yang kompleks dan mengharukan dikemas menjadi cerita yang menarik.

2. Genesis (2005)

"Novel ini selain dituturkan dengan bahasa yang penuh kreativitas, ia juga berupaya membongkar sisi paling buruk dari setiap manusia. 

Oleh karena itu, genesis menisbikan segalanya, seolah-olah tidak ada sesuatu yang sempurna. Semua musti dipertanyakan ulang, untuk kemudian benar-benar menggenggam apa yang disebut dengan ekstensi," review Putu Fajar Arcana, Wartawan kebudayaan.

3. Larutan Senja (2006)

Dalam alam imajinasi Ratih Kumala, bumi ini terdiri dari berbagai larutan yang ditemukan oleh sekelompok penemu di langit sana. 

Salah seorang penemu menciptakan larutan gerak agar manusia bisa bergerak, angin bertiup dan laut bergelombang. 

Penemu ini juga menemukan larutan yang rasanya tidak manis seperti siang, tidak pahit seperti malam, memiliki warna elegan. Larutan ini ia beri nama Larutan Senja.

Kategori :