Liburan ke Agro Wisata Apel Pujon, Bisa Panen Apel Malang Sepuasnya

Selasa 14-11-2023,12:27 WIB
Reporter : AnggerGita Rezha
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Selain dikenal dengan wisata alamnya,  Kabupaten Malang jyga terkenal dengan agrowisatanya yakni wisata petik buah apel di Agro Wisata Apel Pujon.

Dikutip dari www.malangkab.go.id/mlg/default/detail-potensi?daerah, pengunjung dapat memetik buah apel sepuasnya dan akan ada pemandu yang menjelaskan mengenai budidaya apel secara organik.

Selama di lokasi, pengunjung juga akan disuguhi proses pengolahan aneka makanan dan minuman berbahan dasar Apel Malang. Pengunjung juga dapat mencicipi langsung rasa olahan dari apel tersebut.

Untuk sampai ke wisata alam unggulan di Kabupaten Malang ini, anda dapat menaiki transportasi umum Bus Jurusan Malang-Jombang-Tuban/ Bojonegoro dan Malang - Kediri - Ponorogo. 

Lokasi Kecamatan Pujon sendiri dibatasi Kabupaten Mojokerto disebelah utara; Kota Batu di timur; Kecamatan Dau dan Kabupaten Blitar di selatan dan Kecamatan Ngantang di sebelah barat.

Sekadar diketahui, apel Pujon juga mengandung fitokimia yang merupakan anti oksidan untuk menekan jumlah kolesterol jahat dan quercetin untuk meningkatkan kadar anti oksidan sehingga tubuh lebih sehat terhindar dari penyakit.

Secara umum, buah apel kaya akan manfaat. Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. 

Dalam buah apel terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.

Buah apel juga mengandung banyak mineral antara lain berupa kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

BACA JUGA:Petualangan Manis: Petik Apel di Wisata Apel Malang

Selain itu, buah apel juga mengandung fitokimia yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Dengan banyaknga kandungan mantaaf tersebut, banyak dokter dan pakar kesehatan menggunakan buah apel sebagai media diet karena memiliki banyak serat sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.

Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol. Selain itu, buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Selain itu, di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan. (*)

Kategori :