Penting, Inilah Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Sedikit Orang Ketahui

Minggu 12-11-2023,11:07 WIB
Reporter : Qodri Hasan
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Buah pisang adalah buah yang sangat mudah kita jumpai, selain rasanya yang enak ternyata buah simpan menyimpan banyak sekali manfaat. Terutama dalam kesehatan tubuh kita.

Kesehatan tubuh kita menjadi poin penting. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan tubuh yang sehat kita mampu beraktifitas secara totalitas dalam menjalani bahtera kehidupan ini.

Pada artikel kali ini penulis akan mencoba menyajikan secara khusus manfaat yang dimiliki oleh buah pisang yang sedikit sekali orang ketahui, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Rahasia Buah Semangka untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

1. Sumber energi yang tinggi

Pisang kaya akan karbohidrat, terutama glukosa, fruktosa dan sukrosa. Ini membuatnya menjadi sumber energi instan yang ideal, menjadikannya cocok sebagai cemilan sehat sebelum atau setelah olah raga.

2. Mengandung vitamin dan mineral penting

Pisang mengandung vitamin seperti vitamin C, Vitamin B6 dan mineral seperti potasium. Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan.

3. Menjaga keseimbangan elektrolit

Kalium dan nutrium dalam pisang mampu membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, mendukung fungsi otot dan saraf.

4. Membantu pengaturan berat badan

Pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan serat dan karbohidratnya, sehingga membantu mengontrol pengaturan berat badan seseorang.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan potasium dalam pisang membantu mennjaga tekanan darah normal dan mendukung kesehatan jantung.

6. Meningkatkan mood

Pisang mengandung triptofan, yang dapat merangsang produksi serotonin, hormon yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stress.

7. Menstabilkan gula darah

kandungan gula alami dalam pisang dikombinasikan dengan serat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

8. Mengandung antioksidan

Antioksidan dalam pisang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mendukung kesehatan sel dan jaringan.

Itulah deretan manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh kita. Mari sama-sama kita jaga kesehatan dengan mengkonsumi buah pisang. Semoga bermanfaat.(*)

BACA JUGA:6 Hal Menarik dari Buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Kategori :