Jalan Tol Indonesia Terpanjang Se-Asia Tenggara, Berikut Rinciannya

Kamis 02-11-2023,06:05 WIB
Editor : M Widodo

INFORADAR.ID --- Dengan panjang total 2.760 kilometer, Indonesia merupakan negara di Kawasan Asia Tenggara atau ASEAN yang memiliki ruas jalan tol terpanjang di ASEAN. 

Jalan tol sepanjang itu, 65 persen diantaranya berada di Pulau Jawa. Untuk Jalan Tol Trans Jawa misalnya, panjangnya sekitar 1.167 kilometer, Tol Jabodetabek 327,18 kilometer, Non Tol Trans Jawa panjangnya 285,26 kilometer.

Berikutnya Jalan Tol Trans Sumatera yang 707,58 kilometer, Jalan Tol Kalimantan sepang 92,27 kilometer, Sulawesi 61,46 kilometer dan Balu 10,07 kilometer.

Selain jalan tol tersebut di atas, Indonesia juga masih memiliki ruas jalan tol yang masih dalam tahap pembangunan. Sehingga, akhir tahun 2023 ini atau tahun 2024 dipastikan panjang jalan tol di Indonesia akan bertambah panjang. 

Sebut saja, jalan tol terpanjang yang saat ini belum rampung adalah ruas Jalan Tol Trans Sumatera. 

Dilansir inforadar.id dari laman FB IndonesiaBaikId, posisi kedua negara di Asia Tenggara yang memiliki jalan tol panjang adalah Malaysia, yaitu 2.001 kilometer. Kemudian posisi ketiga adalah Vietnam dengan panjang 1.850 kilometer.

Sedangkan total panjang  jalan tol di negara lainnya seperti Filipina dan Myanmar relatif pendek. Masing-masing sekitar 626 kilometer dan 586,7 kilometer.

Berikutnya, negara-negara dengan total panjang  jalan tol yang lebih relatif pendek, adalah Kamboja  dengan 190,6 km, Singapura  dengan 163 km dan Brunei Darusalam dengan panjang hanya 134 km. 

Sebagaimana diketahui, setiap negara memiliki sistem jalan tolnya sendiri dengan karakteristik dan kebijakan yang berbeda-beda. Jaringan jalan tol telah menjadi bagian penting dalam infrastruktur transportasi di Asia Tenggara. Indonesia, sebagai negara terbesar di wilayah, memiliki total panjang jalan tol terpanjang di Asia Tenggara, dengan jumlah panjang sekitar 2.760 kilometer, memimpin kawasan ini. Dan, panjang ruas jalan tol dipastikan akan meningkat setiap tahunnya, mengingat saat ini, ruas jalan tol yang masih dalam pengerjaan jumlah masih cukup banyak. 

Seluruh upaya pembangunan tol di negara-negara di kawasan Asia Tenggara  ini mencerminkan komitmen bersama untuk menyediakan infrastruktur transportasi yang lebih baik dan efisien bagi negaranya.

 

Editor: M Widodo

Kategori :