Tips Membaca Jurnal Cepat dan Tepat Tanpa Buang-buang Banyak Waktu

Rabu 25-10-2023,18:45 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Berikut merupakan cara cepat membaca jurnal agar bisa menghemat waktu tanpa harus membaca seluruh isi jurnalnya.

Jurnal merupakan salah satu referensi yang biasa digunakan dalam kepenulisan suatu karya berupa ilmiah, di mana biasanya hal itu menyangkut sebuah penelitian.

Referensi yang valid ini bisa kita dapatkan dari berbagai jurnal ilmiah yang sangat mudah untuk didapatkan, baik secara langsung ataupun secara online.

Untuk menjadikannya sebagai referensi, tentunya kamu membaca isi jurnal terlebih dahulu agar kamu mengetahui isi di dalamnya apakah sesuai dengan kebutuhan kamu ataukah memiliki tema yang sama?

Dengan itu, perhatikan tips cepat membaca jurnal agar bisa dengan mudah menemukan inti pembahasan dan jurnal, sebagai berikut:

BACA JUGA:Waspada, Ini Dia Tanda-tanda Baterai IPhone Kamu Rusak, Sudah Tahu Belum?

1. Abstrak

Abstrak menjadi bagian yang sangat penting untuk dibaca, sehingga sangat wajib dan jangan sampai terlewatkan.

Abstrak di sini berisikan seperti halnya ringkasan dari isi jurnal secara keseluruhan dan tentunya terdapat poin inti pembahasan jurnal yang dibaca.

Jika merasa tema yang dibahas sama, maka kamu bisa melanjutkan untuk membaca jurnal dan jika tidak sesuai, carilah jurnal lain yang satu tema.

2. Metode Penelitian

Setelah mengetahui metode penelitian yang dibaca dari jurnal, bacalah lebih dalam pada bagian yang ada di dalam jurnal itu agar kamu bisa mengetahui analisis yang digunakan, sampel dan teknik pengambilan data, juga hal lainnya yang tercantum di dalam metode penelitian ini.

BACA JUGA:Kamu Kecanduan Main Gadget? Lakuin Hal Ini Deh, Dijamin Pemakaian HP Cuma 1-2 Jam Saja Sehari

3. Hasil Penelitian dan Analisis

Kamu harus membaca hasil dan analisis penelitian, di mana kamu bisa mengetahui lebih dalam bagaimana proses dan hasil analisis dari jurnal yang kamu baca, sehingga itu bisa menjadi gambaran untuk kamu.

Kategori :