Menteri Basuki Minta ASN Kurangi Nafsu Mengatur

Kamis 19-10-2023,06:54 WIB
Editor : M Widodo

INFORADAR.ID --- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta, semua aparatur sipil negara (ASN) untuk mengurangi nafsu mengatur. Sebab, di era digitalisasi ini, birokrasi ke depan harus cepat. 

Hal itu dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menutup secara resmi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu, 18 Oktober 2023. 

Pelatihan Kepemimpinan Nasional tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada tanggal 7 Juni hingga 18 Oktober 2023.

"Saya minta seluruh ASN harus melayani, kurangi nafsu untuk mengatur. Sebab, birokrasi kita ke depan harus cepat. Salah satunya adalah dengan digitalisasi karena persaingan sekarang bukan antara yang besar dan kecil, akan tetapi antara yang cepat dan lambat,” kata Menteri Basuki. 

Menteri yang dikenal low profile ini menambahkan bahwa ASN ke depan harus kolaboratif dan adaptif terhadap perubahan kondisi yang kian cepat. 

"Karena tak ada pekerjaan yang dapat dikerjakan hanya oleh satu orang atau satu unit organisasi saja. Semua pekerjaan harus dikerjakan dengan kerja sama," tambahnya sebagaimana dilansir dari laman FB Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. 

Dalam kesemoatan menutup acara tersebut, Basuki menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang terus mempercayakan Kementerian PUPR untuk menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan nasional ini. 

Ucapan senada juga disampaikan kepada para widyaiswara dan coach yang telah membimbing para peserta selama sebulan lebih.

Menteri Basuki mengharapkan, ke-29 peserta pelatihan kepemimpinan nasional, 15 peserta dari Kementerian PUPR dan 14 peserta dari lembaga-lembaga mitra Kementerian PUPR, agar mampu memberikan dampak kepemimpinan yang lebih cepat membawa kemajuan setelah kembali ke tempat bekerja.

 

Editor: M Widodo

 

 

Kategori :