Mobil Jarang Dipakai, Simak Tips Cara Merawatnya

Rabu 18-10-2023,15:47 WIB
Reporter : Nurandi
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Bagi anda yang memiliki mobil, namun jarang dipakai tentunya jangan dibiarkan begitu saja. Apabila dibiarkan, hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobilnya. Karena komponen atau mesin mobil yang jarang digunakan sebelumnya.

Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima dan andal dalam segala medan. Tentunya ada perawatan yang harus dilakukan secara berskala agar mesin dapat bekerja dengan baik walau jarang dipakai.

Saat ini, banyak pemilik mobil yang mendiamkan begitu saja kendaraannya. Bila anda salah satunya, itu adalah hal tidak boleh dilakukan terus-menerus. Karena dapat merusak performa mesin mobil anda.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah 5 tips merawat mobil yang jarang dipakai:

1. Cuci mobil secara teratur

Hal sederhana dalam merawat mobil tentunya, membersihkan mobil secara teratur merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam merawat keawetan cat mobil. Dengan membersihkan mobil, tentunya akan menjaga cat mobil dalam keadaan baik dan bersih.

2. Ganti oli secara berkala

Mengganti oli merupakan hal dasar yang harus dilakukan dalam merawat kendaraan. Oli merupakan pelumas bagi mesin agar tetap prima dan awet. Umumnya mengganti oli disesuaikan dengan penggunaan kendaraan.

Jika Anda menggunakan mobil dengan jarak tempuh, yang jauh. Maka harus 3 bulan sekali mengganti. Namun jika Interval ganti oli yang disarankan adalah setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan. 

3. Lakukan perbaikan segera

Jika terdapat kerusakan segera perbaiki, jangan menunggu terlalu lama. Jika kondisi terus dibiarkan maka akan berdampak parah pada kondisi mobil. Jadi harus segera laku perbaikan jika ada kerusakan kecil, jangan menunggu kerusakan semakin besar.

4. Pemeriksaan dan Perbaikan Berkala

Memiliki mobil harus juga memeriksa atau melakukan service secara berkala, baik pada dealer resmi ataupun bengkel mobil yang lengkap dengan alat dan sebagainya.

Jadi service merupakan instrumen penting, untuk menjaga kondisi mobil tetap baik dan prima. Jadi harus tetap dirawat kondisi mobil itu, agar mesin tetap terjaga dan awet walau jarang dipakai.

5. Perhatian secara berskala kondisi mobil

Kategori :