Agar Mobil Listrik Lebih Awet, Ikuti 5 Langkah Mudah Cara Merawatnya Agar Dompet Aman

Senin 16-10-2023,15:00 WIB
Reporter : Nuraini Wildayati Kamilah
Editor : Haidaroh

Hal ini untuk mencegah tegangan suplai baterai turun karena pengisian daya yang terlalu sering dalam mode pengisian daya cepat.

3. Parkir Mobil di Tempat yang Sejuk

Sama seperti dianjurkan untuk tidak memaparkan baterai ponsel ke sinar matahari langsung yang berlebihan. Hal ini juga berlaku untuk baterai mobil listrik, yang direkomendasikan untuk tidak terkena sinar matahari langsung saat diparkir.

Sinar matahari yang kuat dapat mengurangi kinerja baterai dan memperpendek masa pakai baterai.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memarkir kendaraan di tempat yang teduh saat parkir. 

Selain mengurangi kinerja baterai, panas matahari juga dapat menyebabkan komponen eksterior dan interior menjadi panas jika tidak dilindungi oleh penutup kendaraan.

BACA JUGA:Mobil Listrik Termurah di Indonesia Seharga Rp200 Juta, Berikut Spesifikasi dan Harganya

4. Cek Radiator, Filter AC, dan Kampas Rem

Radiator, filter AC, dan kampas rem adalah beberapa bagian yang harus diperiksa secara teratur. Prosedur pemeriksaannya sama dengan mobil bensin.

Pada mobil listrik, radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan baterai. Oleh karena itu, radiator harus diperiksa secara teratur dan ketika jarak tempuh mencapai 60.000 km, radiator harus dikuras dan diganti dengan cairan yang baru.

Pada mobil listrik, filter AC berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam kabin. Oleh karena itu, filter AC harus selalu dibersihkan secara rutin untuk memastikan udara yang masuk ke dalam kabin selalu bersih.

Mobil listrik dikenal dengan torsinya yang ganas, sehingga membutuhkan kampas rem yang berkualitas tinggi agar tetap prima. 

Servis rutin komponen sistem rem seperti kampas rem dan minyak rem sangat dianjurkan untuk keamanan berkendara.

5. Cek Software Secara Berkala

Beberapa kendaraan listrik berteknologi tinggi dan memiliki perangkat lunak dalam sistem operasinya. Perangkat lunak ini diperbarui secara berkala. Memperbarui perangkat lunak sistem operasi sangat penting untuk berfungsinya kendaraan listrik.

Jadi itulah 5 cara mudah merawat mobil listrik supaya awet.(*)

Kategori :