Galon Merek Ternama Mengandung Kimia BPA, Ini Bahayanya Mulai dari Penyakit Jantung, Kanker Hingga Diabetes Ti

Minggu 15-10-2023,22:00 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Sejumlah galon air mineral merek ternama yang sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia ternyata berbahan plastik polycarbonate. Kode plastik mengandung polycarbonate adalah angka 7.

Angka tersebut dapat dilihat dibawah galon kemasan. Lalu, bagaimana dampak dari mengonsumsi air berbahan plastik polycarbonate? Dampaknya ternyata banyak sekali. Sebab, plastik dengan kode angka 7 itu mengandung zat kimia Bisphenol A (BPA).

Zat tersebut dapat laut dalam tumbuh dan dapat mengancam kesehatan. Lalu, apa saja ancaman kesehatan terhadap mengonsumsi air yang mengandung BPA? berikut ini kami berikan ulasannya untuk anda. 

1. Menyebabkan Kemandulan

Penyebab pertama adalah kemandulan bagi pria dan wanita. Perlu diketahui, bahwa BPA dapat terjadi pada masalah kesuburan. Sebab, kimia BPA bekerja pada reseptor esterogen pada laki-laki dan perempuan untuk meningkatkan peradangan atau menyebabkan kerusakan sel melalui proses yang disebut stres oksidatif.

2. Menyebabkan Obesitas, Penyakit Jantung, dan Diabetes Tipe 2

Tak hanya menyebabkan Kemandulan, mengonsumsi air yang mengandung BPA juga dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kimia BPA yang dapat mengikat reseptor hormon lain, yang menimbulkan adipogenesis atau akumulasi lemak. Tidak hanya itu saja, BPA juga dapat menyebabkan stres pada tubuh dengan merusak mitokondria. 

Stres tersebut akan berpengaruh terhadap peradangan kronis serta mengubah respon kekebalan tubuh dalam mengatur berat badan, nafsu makan, hingga kadar hormon.

Belum selesai masalah diatas, kimia BPA juga dapat terkait dengan cacat lahir dan masalah kesehatan pada anak. Ada banyak cara bagaimana plastik dapat mengganggu pertumbuhan embrio, janin, atau masa kanak-kanak yang sehat karena dapat masuk ke plasenta dan ASI.

3. Sebabkan Kanker

Hal lain yang mengancam dari mengonsumsi air yang mengandung kimia BPA adalah kanker. Paparan BPA dalam tingkat rendah telah dikaitkan dengan perkembangan kanker tertentu, termasuk kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar.

Oleh karena itu, berguna sekali untuk memperhatikan kemasan air minum yang dikonsumsi agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Sudah saatnya hindari mengonsumsi air yang kemasan galonnya menggunakan plastik polycarbonate. 

Artikel tersebut telah ditayangkan oleh https://www.google.com/amp/s/rbtv.disway.id dengan judul: Hati-hati, Bisa Bikin Kemandulan, Begini Cara Memilih Air Minum Kemasan Galon yang Bebas BPA. (*)

Kategori :