Bunda Wajib Coba, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil dan Janin

Jumat 13-10-2023,14:44 WIB
Reporter : Nahrul Muhilmi
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Buah mangga, selain memberikan kenikmatan dan kesegaran, ternyata juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk ibu hamil.

Ini bukan hanya sebagai pemuas selera manis dan asam selama kehamilan, tetapi juga sebagai sumber energi, nutrisi, dan serat yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Ketika sedang mengandung, seringkali ibu hamil merasa ingin makan makanan atau minuman yang memiliki rasa manis dan asam. 

Buah mangga adalah pilihan yang sempurna karena memadukan kedua cita rasa tersebut dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa selama kehamilan.

Berikut manfaat buah mangga yang bagus dikonsumsi bagi ibu hamil:

Vitamin A

Buah mangga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata. Vitamin ini juga sangat penting dalam perkembangan organ-organ janin, seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

Tidak hanya itu, vitamin A juga membantu ibu hamil dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan memperbaiki jaringan tubuh setelah melahirkan.

Vitamin C

Selain buah mangga, buah-buahan sejenis seperti gandaria adalah sumber yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam mangga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin untuk produksi kolagen, sebuah protein yang membantu membentuk jaringan kulit, tulang, dan jaringan ikat tubuh. Vitamin C juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Zat Besi

Kebutuhan akan zat besi meningkat selama kehamilan karena tubuh ibu hamil perlu memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung perkembangan janin. Buah mangga mengandung zat besi yang mendukung produksi sel darah merah dan mencegah anemia selama kehamilan.

Anemia selama kehamilan adalah kondisi berbahaya yang dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan risiko perdarahan setelah melahirkan.

Vitamin B6

Kandungan vitamin B6 dalam buah mangga berperan penting dalam perkembangan janin. Vitamin ini mendukung pertumbuhan dan fungsi otak serta sistem saraf janin.

Kategori :