Mau Ternak Lele Tapi Bingung Cari Modalnya, KUR BRI 2023 Solusinya

Minggu 01-10-2023,17:59 WIB
Reporter : Qodri Hasan
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - KUR adalah Kredit Usaha Rakyat yang merupakan bagian dari program Pemerintah dalam upaya meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. KUR BRI 2023 menjadi lembaga keuangan yang dipercaya oleh pemerintah sebagai penyaluran KUR tersebut.

BRI KUR 2023 mendapatkan alokasi dana dari Pemerintah sebesar 270 Triliun. Adapun untuk tahap awal pencairan KUR 2023 pada bulan maret telah dicairkan sebesar 12 Triliun.

Peran UMKM di Indonesia sangat signifikan bagi perekonomian terutama dalam menciptakan lapanagn pekerjaan serta mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Hingga saat ini UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang dapat menopang perekonomian Indonesia. Oleh karena itu KUR BRI 2023 adalah solusi alternatif yang ditawarkan oleh pemerintah untuk para pelaku UMKM.

Salah satunya adalah usaha ternak lele. Banyak kebutuhan yang perlu dipersiapkan seperti Pakan, Bibit, Lahan, Perawatan dan lain sebagainya. Bahkan jika ingin usaha ternak lele itu berkembang lebih cepat maka tentu membutuhkan modal yang banyak. Tapi tenang saja pemerintah sudah menawarkan KUR BRI 2023 untuk kamu pelaku usaha ternak lele

Bagi Pelaku UMKM wajib mengetahuhi apa itu KUR BRI 2023, karena di dalamnya banyak sekali keuntungan dan keunggulan yang didapat, berikut penjelasannya.

1. 100 % dari dana lembaga keuangan penyalur KUR

2. Tujuan pemerintah terhadap program KUR BRI 2023 adalah

a. Meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif

b. Meningkatkan kapasitas daya saing Usaha mikro, Kecil dan Menengah

c. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja

3. Penerima dari KUR adalah Individu/Perseorangan baik sendiri-sendiri maupun kelompok usaha yang produktif.

4. Suku Bunga KUR sebesar 6% efektif pertahun (atau setara dengan suku bunga flat yang setara).

Sudah saatnya pelaku UMKM secara aktif kembali memproduksi tanpa bingung mencari modal usahanya. Karena sudah jelas pemerintah menawarkan secara besar-besaran untuk kamu untuk mengembangkan UMKM nya.

esaran untuk kamu untuk mengembangkan UMKM nya.(*)

Kategori :