KUR BRI 2023 Kapan Cair? Cek Infonya Disini

Selasa 26-09-2023,17:30 WIB
Reporter : Fauzi Rahmat Pamula
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Artikel ini akan menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh para pelaku ekonomi UMKM mengenai kapan KUR BRI 2023 akan dicairkan, khususnya para calon debitur yang mengajukan pinjaman KUR BRI 2023 pada tahun lalu.

KUR BRI 2023 merupakan pinjaman tanpa jaminan yang diberikan kepada masyarakat umum khususnya kepada UMKM yang  membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

Pelaku usaha atau UMKM bisa memanfaatkan pinjaman KUR BRI 2023 tanpa agunan sebagai modal usaha karena suku bunga rendah dan jumlah plafon pinjaman besar. Dengan begitu, usaha di komunitas UMKM akan berkembang pesat.

KUR BRI 2023 menawarkan plafon pinjaman mulai dari Rp 10 juta sampai ratusan juta. Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan di KUR BRI 2023 sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Namun, perlu diketahui, bahwa KUR BRI 2023 juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitur sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan di KUR BRI 2023.

Apa saja syarat terbaru KUR 2023 yang harus dipenuhi? Kami akan menyajikan syarat terbaru KUR BRI 2023 di akhir artikel ini. Oleh karena itu simak artikel ini hingga akhir.

BACA JUGA:Sebelum Progam KUR BRI 2023 Ditutup, Yuk Segera Ajukan Pinjaman Secara Online Aja

Calon debitur tidak perlu repot-repot menyiapkan aset berharga yang digunakan sebagai jaminan, karena KUR BRI 2023 memberikan pinjaman tanpa jaminan.

Anda bisa mengajukan KUR BRI 2023 secara online atau bisa datang langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat dikota anda.

Perlu diketahui, bahwa KUR BRI 2023 memiliki 3 jenis yang berbeda yakni KUR Mikro, KUR Super Mikro, dan KUR Ritel dengan plafon pinjaman yang fleksibel tanpa menyertakan jaminan.

Ditahun 2023 ini Pemerintah telah mengalokasikan dana KUR menjadi Rp373,17 triliun. Jadi, bagi para pelaku usaha UMKM yang sedang kekurangan modal bisa mendapatkan kesempatan mengajukan pinjaman di KUR BRI 2023.

Berikut syarat yang harus dilengkapi oleh calon debitur sebelum melakukan pengajuan pinjaman tanpa jaminan di KUR BRI 2023 :

  1. Individu atau perorangan yang sudah memiliki KTP, KK, dan juga surat ijin usaha.
  2. Memiliki usaha dan sudah beroperasi secara aktif dan produktif minimal selama 6 bulan
  3. Tidak sedang meminjam kepada kredit pinjaman lain kecuali KPR, KKB, dan ke Kartu Kredit.

Di bawah ini merupakan rincian plafon yang disediakan disetiap jenis Mikro, yaitu

  • KUR Mikro BRI menyediakan plafon pinjaman maksimal sebesar Rp50 juta dengan suku bunga yang ringan yaitu sebesar 6 persn per tahunnya.
  • KUR Super Mikro menyediakan plafon pinjaman maksimal Rp10 juta.
  • KUR Ritel menyediakan plafon pinjaman sebesar Rp500 juta dengan suku bunga ringan yaitu 6% per tahunnya.

Bagi anda yang sangat membutuhkan modal usaha agar usaha anda bisa berkembang pesat, solusinya yakni mengajukan pinjaman untuk modal di KUR BRI 2023 dengan cicilan dan bunga yang ringan.

Selanjutnya, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, calon debitur dapat mendaftarkan dirinya dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka laman resmi KUR BRI 2023 di link https://kur.bri.co.id
  2. Setelah masuk ke laman resmi KUR BRI 2023 selanjutnya Klik ‘Ajukan Pinjaman’
  3. Jika anda belum memiliki akun sebaiknya mendaftar terlebih dahulu dengan cara klik ‘Daftar’
  4. Bisa juga dengan mendaftar melalui akun Google
  5. Namun, jika anda sudah memiliki akun bisa langsung login dengan email dan password yang sudah ada
  6. Lengkapi formulir pengajuan yang diberikan meliputi profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen dan data pengajuan jika telah mendapatkan email verifikasi dari BRI
  7. Klik "Selanjutnya" untuk masuk ke halaman pengajuan pinjaman.
  8. Isi data pengajuan (nominal pengajuan dan tenor). Isi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.
  9. 9. Klik "Hitung angsuran" jika anda ingin melihat jumlah angsuran yang akan dibayar.
  10. Klik "Ajukan pinjaman".
  11. Nantinya, akan muncul halaman pengajuan informasi mengenai pinjaman disetujui atau tidak.
Kategori :