Tanaman Buah-buahan Khas dan Unik yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Selasa 26-09-2023,06:36 WIB
Editor : M Widodo

INFORADAR.ID --- Indonesia merupakan negara tropis. Selain kaya akan hutannya, Indonesia juga dikenal banyak memiliki beraneka macam tanaman buah-buahan yang khas dan unik, dan berkhasiat baik untuk kesehatan. 

Oleh karena itu, sudah selayaknya kita untuk melestarikan tanaman khas tersebut. Sebab, sayang apabila keaneka-ragaman hayati tersebut tidak dilestarikan, maka suatu saat akan terancam punah.

Sementara apabila kekayaan alam tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk sumber kehidupan, dapat mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari.

Bahkan sesuai dengan data taste atlas tahun 2023, dua macam buah tropis Indonesia, yaitu buah manggis dan durian mejeng di peringkat ke-2 dan ke-3 pada kategori 10 buah tropis paling populer di Asia. 

Dilansir dari laman FB IndonesiaBaikId, berikut ini daftar buah-buahan khas dan unik yang terdapat di Indonesia. 

1. Buah Kecapi 

Buah kecapi (sandoricum koetjape - latin) adalah jenis pohon yang menghasilkan buah warna kuning terang, rasa buah ini manis asam. Buah kecapi ini dikenal sebagai buahnya masyarakat Betawi dan Banten. Banyak masyarakat Betawi dan Banten menanam pohon di pekarangan rumah dengan tinggi pohon 25-30 meter berwarna kecoklatan. 

Uniknya, buah kecapi juga dikenal dengan nama "buah pintu". Sebab, untuk membuka buah kecapi, cara yang paling mudah adalah dengan cara dijepit daun pintu. Maka, kulit buahnya langsung bisa terbuka.

2. Buah Merah

Buah merah (pandanus conoideus - latin) adalah buah tradisional yang berasal dari Papua, khususnya di banyak terdapat di Papua Pegunungan. Bentuk pohon buah merah ini mirip pohon pandan yang tingginya daoat mencapai 16 meter. 

Banyak pihak meyakini jika buah merah mempunyai khasiat untuk kesehatan. Konon, khasiat buah merah bermanfaat sebagai obat untuk penyakit kanker & tumor, HIV/AIDS, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Sepanjang pengolahan dilakukan dengan benar.

3. Buah Bisbul 

Buah bisbul (diospyras blancoi - latin) merupakan salah satu buah langka di Indonesia, diberi nama bisbul karena bentuknya sangat mirip baseball. Pohon dari buah bisbul tergolong langka dan hanya hidup di wilayah tropis iklim basah.

Adapun manfaat buah bisbul ini, dalam pengobatan tradisional di Philipina sering digunakan untuk menyembuhkan disentri dan diare. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kesehatan pernapasan dan meningkatkan sistem kekevalan tubuh. 

4. Buah Lai

Kategori :