Lima Jenis Usaha Ini Tidak Dapat Nikmati KUR BRI 2023, Salah Satunya Usaha Kamu?

Jumat 15-09-2023,19:54 WIB
Reporter : AnggerGita Rezha
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID- Sebanyak lima usaha berikut dipastikan tidak dapat menikmati menikmati fasilitas KUR BRI 2023.

Hal itu disebabkan karena kelima usaha tersebut tidak memiliki nilai tetap. Alhasil fasilitas KUR BRI 2023 tidak dapat dinikmati.

Adapun kelima usaha yang tidak dapat menikmati fasilitas KUR BRI 2023 yakni pengepul barang rongsokan, usaha online pre order, usaha freelance, usaha kontraktor, usaha ilegal.

1. Pengepul Barang Rongsokan

Salah satu penyebab jenis usaha ini tak dapat menikmati fasilitas KUR BRI 2023 karena barang rongsokan tidak memiliki nilai tetap. Dimana barang rongsokan seperti

besi tua kerap mengalami fluktuatif harga.

Akibatnya, jenis usaha tersebut mendapat penilaian risiko pinjaman sulit karena nilai aset yang dijadikan jaminan bisa turun tajam. Selain itu, jenis usaha tersebut kerap memiliki riwayat setoran macet yang tinggi atau masalah keuangan lainnya.

Sebelumnya, pada tahun 2021, usaha pengepul barang bekas atau rongsokan masih memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI. 

Namun, pada tahun 2023, terdapat perubahan peraturan yang menyatakan bahwa usaha mengepul barang rongsokan tidak memenuhi syarat untuk KUR BRI. 

2. Usaha Online Pre Order

Usaha online dengan sistem pre order dan tanpa stok barang di rumah atau tempat usaha pada tahun ini akan terkendala dalam mendapatkan pinjaman KUR BRI. 

Penyebabnya, karena stok barang yang relevan dengan usaha yang diajukan menjadi dasar pihak bank mencairkan fasilitas KUR BRI 2023.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Cair Rp100 Juta Lewat Daftar Online, Berikut Syarat Pinjaman Tanpa Jaminan

Adapun solusinya, pengusaha online pre order harus menyimpan sejumlah stok barang yang sesuai meskipun sedikit dari yang dipesan.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan pihak BRI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan alternatif yang mungkin tersedia untuk usaha online pre order Anda.

Kategori :