Bingung Memilih Yang Mana? Berikut Ini Beberapa Jenis KUR Beserta Syarat dan Ketentuannya

Jumat 15-09-2023,13:22 WIB
Reporter : Konitatu Rahmah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Bank BRI mempromosikan Kredit Usaha Rakyat atau KUR 2023 yang merupakan program pemerintah. Program KUR BRI 2023 ini membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam hal pembiayaan usaha.

KUR BRI 2023 secara resmi diluncurkan pada bulan Maret 2023. Program KUR BRI 2023 menawarkan pinjaman berbunga rendah dan dapat memberikan pinjaman hingga Rp 500 juta dengan proses tanpa agunan.

Sementara itu, KUR BRI 2023 memiliki tiga jenis dengan jumlah dan jangka waktu yang berbeda.

Kredit Usaha Rakyat merupakan kredit modal kerja atau kredit investasi hingga Rp500 juta yang dijamin oleh perusahaan penjaminan dan diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi yang menjalankan usaha produktif.

Jenis-jenis KUR BRI 2023 adalah KUR Mikro, KUR Keçil dan KUR TKİ.

1. KUR Mikro adalah kredit modal kerja dan/atau investasi sampai dengan Rp 50 juta per debitur.

2. KUR Kecil adalah kredit modal kerja dan/atau investasi sampai dengan Rp 50-500 juta per peminjam untuk peminjam yang memiliki usaha produktif dan layak.

2. KUR TKI adalah kredit dengan plafon Rp 25 juta untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara tujuan.

BACA JUGA : Buka Warteg dengan KUR BRI 2023, Berapa Modal dan Angsurannya?

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh ketiga jenis KUR BRI ini adalah sebagai berikut: 

1. KUR Mikro Bank BRI.

Diperuntukkan bagi perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak. Persyaratan administratif berupa identitas diri berupa KTP, Kartu Keluarga (KK) dan surat izin usaha KUR Kekil Bank BRI, yang telah aktif menjalankan usaha minimal enam bulan dan belum pernah mengambil pinjaman dari bank kecuali untuk kredit konsumsi seperti KPR, KTA dan kartu kredit.

KUR Mikro Bank BRI jumlah pinjaman maksimal Rp 50 juta per debitur Jenis pinjaman, yaitu kredit modal kerja (KMK) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun, kredit modal investasi (KMI) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 5 tahun Suku bunga 6% per tahun berlaku dan tidak ada biaya manajemen.

2. KUR Kecil Bank BRI.

Jenis pinjaman: kredit modal kerja (KMK) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 tahun, kredit modal investasi (KI) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 5 tahun Suku bunga 6% per tahun secara riil, agunan sesuai ketentuan bank.

Kategori :