Sudah Lihat Tabel KUR BRI 2023? Simak Juga Syarat dan Ketentuan Pengajuan Pinjamannya

Senin 11-09-2023,07:34 WIB
Reporter : Adinda Maulida Fatma
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Rata-rata pelaku bisnis tentu tahu apa itu KUR, tapi apakah mereka tahu jenis-jenis KUR BRI 2023?

Ada tiga pilihan solusi KUR BRI 2023 yakni KUR Mikro BRI, KUR Kecil BRI dan KUR TKI. Pilihan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial yang berbeda.

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tabel pinjaman KUR BRI 2023. Hal ini dikarenakan pemerintah telah beberapa kali mengubah jumlah maksimal dan suku bunga untuk peminjam KUR BRI.

Memahami tabel pinjaman KUR BRI akan membantu kamu menentukan jumlah maksimal dengan mempertimbangkan kemampuan kamu dalam membayar cicilan pinjaman setiap bulannya.

Selain itu, setiap jenis KUR BRI memiliki syarat dan ketentuan masing-masing.

BACA JUGA: KUR BRI 2023, Siapkan KTP dan KK, Dana Rp10 hingga Rp30 Juta Langsung Cair, Berikut Tabel Angsurannya

Berikut syarat dan ketentuan KUR BRI : 

KUR Mikro Bank BRI

Berikut persyaratan pengajuan KUR Mikro Bank BRI :

    Pemohon harus seorang individu (perorangan) yang memiliki usaha yang produktif dan layak. Pemohon aktif menjalankan usaha minimal 6 bulan. Tidak sedang memiliki pinjaman di bank, kecuali pinjaman konsumsi seperti KPR, KKB, atau kartu kredit. Memiliki persyaratan administratif seperti KTP, kartu keluarga, atau surat izin usaha
Ketahui juga beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon pinjaman:

    Pinjaman tahunan maksimal Rp. 50 juta. Jenis pinjaman seperti Kredit Modal Kerja (KMK) hingga 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) hingga 5 tahun. Suku bunga 6% per tahun. Tidak ada biaya administrasi dan provinsi.
KUR Kecil Bank BRI

Berikut persyaratan pengajuan KUR Kecil Bank BRI :

    Pemohon harus memiliki usaha yang produktif dan layak. Tidak sedang memiliki pinjaman dari bank lain selain kredit konsumtif seperti KPR, KKB atau kartu kredit. Aktif menjalankan usaha selama minimal 6 bulan. Memiliki izin usaha mikro dan kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang setara.
Pemohon pinjaman juga harus mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi, seperti :

    Pinjaman dalam jumlah Rp. 50-500 juta. Jenis pinjaman seperti kredit modal kerja (KMK) hingga 4 tahun dan kredit investasi (KI) hingga 5 tahun. Suku bunga 6% per tahun. Agunan sesuai dengan ketentuan bank.
KUR TKI Bank BRI 

Berikut persyaratan pengajuan KUR TKI Bank BRI :

    Perorangan (pribadi) yang ingin bermigrasi ke negara tujuan untuk bekerja. Persyaratan administrasi seperti KTP atau KK, kontrak kerja dengan pengguna jasa, kontrak penempatan, paspor, visa dan kelengkapan lainnya.
Selain itu, ada juga berbagai syarat yang harus dipenuhi:

    Jumlah pinjaman maksimal Rp. 25 juta atau jumlah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Suku bunga 6% per tahun. Tidak ada biaya administrasi dan provinsi. Pinjaman maksimal 3 tahun atau berdasarkan kontrak kerja. Penempatan kerja bisa di Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.
Itulah penjelasan mengenai persyaratan pengajuan KUR BRI tahun ini. Semoga membantu.(*)

BACA JUGA : Tabel KUR BRI 2023, Plafon Mulai dari Rp100 Hingga Rp500 Juta

Kategori :