Pinjaman KUR Bank BSI, Simak Penjelasan dan Syaratnya

Jumat 08-09-2023,18:33 WIB
Reporter : Fauzi Rahmat Pamula
Editor : Fauzi Rahmat Pamula

INFORADAR.ID - Hadirnya KUR Bank BSI sebagai penyalur KUR memberikan pilihan baru bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM yang sedang butuh pinjaman KUR tanpa bunga.

Pasalnya mayoritas penyalur KUR Bank BSI merupakan lembaga keuangan konvensional yang memberlakukan suku bunga dalam perjanjian pinjam meminjam.

Melalui KUR Bank BSI, Anda bisa memperoleh pinjaman tanpa bunga dan riba karena mekanisme bunga KUR 6% diganti dengan margin keuntungan dengan akad Ijarah, Murabahah, maupun MMQ.

Bank Syariah Indonesia menyalurkan tiga jenis Kredit Usaha Rakyat yakni KUR Kecil, KUR Mikro, dan KUR Super Mikro. Ketiga jenis kredit usaha rakyat tersebut memiliki syarat dan ketentuan berbeda.

KUR Super Mikro merupakan program pembiayaan untuk UMKM sebagai pemenuhan kebutuhan modal kerja dan investasi. Plafon pembiayaan BSI Kredit Usaha Rakyat Super Mikro dipatok maksimum Rp 10 juta dan bebas biaya administrasi.

BACA JUGA:Simak Jenis Agunan yang Bisa Digunakan untuk Pinjam KUR BRI

Sedangkan KUR Mikro BSI adalah pembiayaan modal kerja dan investasi dengan limit yang lebih besar. Nasabah bisa mengajukan KUR Mikro dengan nominal di atas Rp 10 juta sampai Rp 50 juta.

Sementara KUR Kecil merupakan program pembiayaan modal kerja dan investasi bagi UMKM dengan limit lebih besar lagi. Setidaknya nasabah BSI bisa mengajukan pembiayaan lewat KUR Kecil dengan nilai lebih dari Rp 50 juta sampai Rp 500 juta.Butuh tambahan modal usaha, segeralah menyiapkan syarat untuk meminjam layanan Layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang sudah dilauncing oleh Presiden RI Joko Widodo di Aceh tanggal 10 Februari 2023 lalu. 

Melalui KUR BSI, anda bisa memperoleh pinjaman tanpa bunga dan riba, karena mekanisme bunga KUR 6 persen diganti dengan margin keuntungan dengan akad ijarah, murabahah muapun MMQ.

Total alokasi KUR BSI Rp 14 triliun. Khusus Aceh mendapat Rp 3 triliun. Sebesar Rp 11 trilun lagi disebar untuk tiap provinsi lain se Indonesia. 

Syarat Pinjaman Modal KUR BSI

Untuk bisa mengajukan pinjaman KUR Bank BSI, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi, geng. Berikut adalah poin-poin yang diberikan Bank BSI agar pinjamanmu dapat diproses:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo pembiayaan.
  3. Memiliki usaha produktif yang sudah berjalan minimal 6 bulan
  4. Memiliki surat keterangan usaha atau SIUP
  5. Memiliki NPWP untuk pinjaman di atas Rp50 Juta
  6. Memiliki dokumen jaminan atau agunan yang sesuai dengan plafon pembiayaan yang diajukan (BPKB kendaraan bermotor, SHM, SHGB, AJB/Letter C, atau cash collatera).
  7. Memiliki dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi KTP suami dan istri (e-KTP), fotokopi kartu keluarga, fotokopi buku nikah, dan pas foto ukuran 4x6. (*)

BACA JUGA:Keuntungan Mengikuti KUR BSI 2023, Yuk Cek Persyaratannya

Kategori :