Kim Bum dan Maudy Ayunda Bakal Main Film Bareng di 'Tanah Air Kedua'

Selasa 29-08-2023,15:54 WIB
Reporter : Adinda Maulida Fatma
Editor : Haidaroh

Pemerintah Garut dan Korea Selatan akan memproduksi sebuah film yang menyoroti perjuangan para pemuda Korea yang membela rakyat Indonesia di Garut selama Perang Dunia Kedua. 

Film ini berjudul Tanah Air Kedua. Menurut Gubernur Garut Rudi Gunawan, film ini berkisah tentang perjuangan Yang Chil-sung, seorang pemuda Korea yang membantu rakyat Garut melawan penjajah pada tahun 1940-an.

Rudi mengungkapkan bahwa Yang Chil-sung adalah pahlawan bagi masyarakat Garut. Ia berganti nama menjadi Komarudin, masuk Islam dan menikah dengan seorang wanita asal Wanaraja, Garut.

Komarudin adalah seorang berkebangsaan Korea yang pernah dipaksa Jepang untuk menjajah Indonesia. Namun, saat itu ia memilih untuk membelot dan membela Indonesia.

Yang Chil Sung sebenarnya tidak sendirian. Ia pergi ke pengasingan bersama dua orang Jepang, Hasegawa dan Aoki, yang merupakan temannya.

Menurut informasi, Yang Chil Sung adalah seorang pemuda yang terampil dalam berperang. Ia dikenal sebagai ahli dalam merakit bom dan di masa lalu pernah menjadi dalang di balik pengeboman sebuah jembatan di Garut untuk mempertahankan daerah tersebut dari penjajah.

Namun nasib Yang Chil Sung, Aoki dan Hasegawa berakhir tragis. Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 1945, mereka dijatuhi hukuman mati oleh Belanda.

Mereka dieksekusi di lapangan Kerkhof di kecamatan Kidul atau yang sekarang dikenal dengan Sarana Olahraga (SOR). Karena dianggap sebagai pahlawan, jasad mereka dipindahkan oleh Pemerintah dari pemakaman Pasir Pogor ke Taman Makam Pahlawan di Kecamatan Tarogon Kidulu, Kabupaten Garut.

Pemerintah Garut setuju untuk mengangkat kisahnya ke layar lebar sebagai terima kasih atas jasa-jasanya. 

Film ini juga akan menjadi sarana penting untuk merayakan 50 tahun terjalinnya hubungan Indonesia dan Korea Selatan. 

Dan tidak main-main, film Tanah Air Kedua akan menampilkan aktor dan aktris ternama Korea dan Indonesia. Aktor ternama Korea, Kim Bum, akan berperan sebagai Komarudin alias Yang Chilsung, tokoh utama dalam film ini.

Aktris terkenal Maudy Ayunda dipilih untuk memerankan istri Komarudin. Kim Bum dan Maudy Ayunda kemudian berperan sebagai pasangan suami istri dalam film Tanah Air Kedua.

Produksi film Tanah Air Kedua dijadwalkan akan dimulai pada bulan Oktober. Untuk lokasi Syuting akan dilakukan di Korea Selatan dan Garut.

Apakah kamu tak sabar melihat chemistry antara Maudy Ayunda dan Kim Bum? 

Kategori :