4 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa Akhir Wajib Tahu

Jumat 19-07-2024,14:58 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Guy, buat kalian mahasiswa akhir, kalian wajib banget melakukan beberapa hal ini yang harus kamu lakukan sebelum kamu lulus kuliah.

Lulus kuliah menjadi salah satu dambaan bagi para mahasiswa akhir yang berada di detik-detik kelulusan dalam menyelesaikan perkuliahannya.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kita, sebagai mahasiswa akhir akan melewati masa kelulusan agar nantinya kita tidak akan merasa menyesal.

Adapun beberapa hal yang bisa kita lakukan dan menjadi pendorong bagi kita, para mahasiswa akhir untuk mendapat arahan setelah lulus kuliah, seperti berikut ini:

1. Membangun Networking

Menjalin hubungan dengan banyak orang dan memiliki relasi yang luas sebelum kita lulus kuliah, bahkan hal ini harus kita lakukan semasa kita masih aktif berkuliah.

Untuk membangun jaringan, kita bisa mengikuti beberapa organisasi dan kegiatan yang bukan hanya membangun rasa percaya diri, ini juga bisa membantu kita untuk membuka banyak kesempatan yang dating di kemudian hari.

Dengan adanya networking yang luas, kita akan merasa lebih mudah mendapatkan pekerjaan setelah kelulusan kita, sehingga kita tidak merasa kebingungan.

Dengan itu juga, kita bisa menanyakan terkait beberapa hal dan orang-orang yang mengenal kita bisa membantu kita untuk mengarahkan kita atas apa yang akan kita lakukan di kemudian hari.

BACA JUGA:Cara Mencari Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

BACA JUGA:6 Hal yang Tidak Boleh Disepelekan Oleh Mahasiswa di Universitas

2. Ikuti Berbagai Internship

Dengan mengikuti berbagai internship atau biasa disebut dengan istilah magang, bisa menambah pengalaman kita.

Dengan memiliki pengalaman yang lebih, banyak orang atau perusahaan yang akan melirik kita karena banyaknya hal dan pengalaman yang telah kita jalani sebagai bekal.

Internship yang bisa kita ikuti ini dapat kita lakukan, baik secara online ataupun offline asalkan sejurus dengan apa yang kita mumpuni.

Pengalaman dari internship atau magang yang telah kita lakukan, bisa kita cantumkan dalam lembar CV kita, sehingga itu menjadi jembatan awal kita untuk dilirik oleh perusahaan.

3. Ikuti Berbagai Pelatihan

Seteah lulus, tentunya kita tidak ingin menganggur, bukan? Untuk itu, kita harus menambah dan memperkuat skill yang kita miliki.

Hal ini bertujuan agar kita merasa semakin handal dalam mengembangkan passion ang kita miliki, sehingga itu menjadi nilai lebih bagi kita.

Dengan memperkuat skill yang dimiliki, kita bisa mengikuti berbagai pelatihan yang ada sebagai wujud keseriusan kita dalam mengambangkan diri.

Pelatihan itu menajadi salah satu usaha yang kita lakukan agar kita bisa lebih mantap setelah lulus kuliah dan memiliki sedikitnya bekal untuk menghadapi duni apekerjaan.

4. Mengambil Frelance

Setelah mengikut banyak pelatihan untuk mengembangkan skill yang kita miliki, cobalah untuk mencari pekerjaan yang dilakukan secara freelance atau paruh waktu.

Dengan itu, kita bisa menjual jasa kita atas skill yang dimiliki kepada prang lain sehingga kamu akan merasa lebih berpengalaman atas pekerjaan yang berkesinambungan.

Untuk melakukan itu, kita bisa mulai dari desai, mengelola sosial media, virtual asisten dan masih banyak lagi.

Melakukan freelance ini bisa membuka peluang bagi kita yang nantinya semakin besar dan berkembangan sesuai denga tahapan yagn kita lalui.

Itulah empat hal yang harus kita lakukan sebeum kita, sebagai mahasiswa akhir dinyatakan benar-benar lulus agar bisa membantu dan memudahkan kita untuk terjun ke dunia pekerjaan.(*)

BACA JUGA:Tebar Kebahagiaan, Kolaborasi Mahasiswa Untirta dan AMI Bagikan Puluhan Bantuan

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sepatu Brand Lokal Terbaik, Cocok untuk Mahasiswa

Kategori :