Upaya Kurangi Tingkat Stunting, KKM 26 UNIBA Gelar Seminar Parenting di Sekolah Anak Usia Dini Desa Linduk

Selasa 15-08-2023,14:08 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) tahun 2023 telah melaksanakan beberapa kegiatan parenting ke lembaga-lembaga PAUD yang ada di Desa Linduk, Kecamatan Pontang pada hari Selasa (01/08/23) di Kelompok Bermain Bani Umat dan pada hari Jumat (04/08/23) di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal.

Kegiatan parenting yang dilaksanakan bersama beberapa stakeholder giat stunting di Desa Linduk mengusung tema “Pendampingan Pemahaman Preventif Stunting Pada Anak Usia Dini.”

Permasalahan parenting merupakan permasalahan tingkat Nasional dan berdampak pada masa depan anak penerus bangsa.

Maka dari itu, pencegahan stunting ini giat dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat Universitas Bina Bangsa selama satu minggu di bulan agustus 2023.

Kepala sekolah Kelompok Bermain Bani Umat, Ida Samida mengungkpakan dukungan atas di gelarnya kegiatan yang dinilai positif ini.

“Kegiatan baik ini wajib kita support dengan meluangkan waktu dan tempat untuk membicarakan tentang stunting,” ungkap Ida Samida.

Adapun kepala sekolah PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal, Amah Suamah turut mendukung dan mengungkapkan salah satu manfaat diadakannya parenting dengan tema yang berkaitan.

“Stunting ini menjadi permasalahan dalam penerimaannya di orangtua. Syukur ada parenting ini jadi ada lagi yang menguatkan bahwa anak-anaknya terancam stunting, apabila pola makannya masih seperti sekarang,” tuturnya.

Seluruh tim mahasiswa KKM 26 Universitas Bina Bangsa sangat mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Linduk yang senantiasa mensupport kegiatan kelompk 26 KKM UNIBA 2023.

Adapun Ratu Yustika Rini selaku narasumber dari pengayaan program parenting stunting dari mahasiswa KKM Universitas Bina Bangsa memaparkan penjelasan dan pencegahan dari stunting.

“Stunting ini dapat dicegah dan dapat di deteksi. Sehingga penting sekali orangtua memiliki kesadaran akan bahayanya stunting di 1000 hari kehidupan anak apabila tidak dimaksimalkan dengan baik,” jelasnya di sela materi yang disampaikannya.

Harapan besar parenting di setiap Lembaga PAUD yang ada di Desa Linduk dapat terus dijalankan dengan membahas beberapa permasalahan kesehatan dan tumbuh kembang anak usia dini yang ada di Desa Linduk.(*)

Kategori :