5 Cara Mengatasi Insecure, Kamu yang Sering Tidak Percaya diri Wajib Coba

Senin 24-07-2023,15:41 WIB
Reporter : Muhdi Ferdiansyah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Rasa insecure yaitu merupakan rasa tidak percaya diri, kurang nyaman terhadap diri sendiri, minder dan lain sebagainya. 

Rasa insecure ini adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga usia tua. 

Bisanya rasa insecure ini timbul karena ada 2 faktor yang mempengaruhi. Yaitu faktor dari sendiri atau personal dan faktor yang timbul dari orang lain. 

Meskipun dianggap hal yang wajar, rasa insecure jika tidak ditangani akan berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang. 

Menurut chanel youtube Succes Before 30, berikut cara mengatasi rasa insecure atau tidak percaya diri pada seseorang, 

1. Stop Menyalahkan Diri sendiri

Yang pertama yaitu cobalah stop Menyalahkan diri sendiri dan membandingkan dengan orang lain. Mulailah bersyukur dan berfikir positif untuk masa depan, karena orang lain yang sekarang sukses dan hidupnya serba berkecukupan sudah pasti melewati masalah dan rintangan sebelumnya. Dan belum tentu pula mereka pikiran mereka merasa tenang karena banyak urusan dan segala sesuatu yang timbul dari kesuksesannya. Jadi stop Menyalahkan diri sendiri dan perbanyak bersyukur. 

2. Mengembangkan Minat Diri 

Selanjutnya yaitu kembangkan bakat ataupun minat. Dengan melatih bakat yang kamu punya dan mengembangkannya bisa menghindari dirimu dari rasa insecure. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, selagi hal tersebut positif apalagi menyangkut kesenangan dan bisa mengembangkan potensi diri.

3. Positif Thinking

Agar terhindar dari rasa insecure, cobalah untuk selalu berfikir positif. Merasa tidak bisa, minder, tidak mudah bergaul,  perlahan hal-hal tersebut coba hilangkanlah dalam pikiranmu. Tunjukkan bahwa kamu bisa melakukanya juga, bukan hanya dia yang selalu menganggapmu tidak bisa. 

4. Sharing Dengan Orang lain

Berbicara dengan orang lain entah itu hanya sekedar ngobrol santai atau sharing pengalaman sangatlah membantu meningkatkan rasa semangatmu. Ajak teman atau mentor untuk bicara mengenai masalah-masalah atau ketakutan yang kamu hadapi, biasanya dia akan memberikan solusi dan memotivasimu untuk bangkit dan melawan rasa ketakutanmu. 

5. Lakukan Hal Yang Menyenangkan

Terkahir buatlah dirimu merasa senang. Kamu bisa berpergian untuk berlibur, pergi ketempat - tempat yang bisa membuatmu merasa semangat dan termotivasi untuk bangkit, mengeksplore hal-hal baru dan lain sebagainya.(*) 

Tags : #insecure
Kategori :