Kamu Mahasiswa Baru, Ini Rangkaian Ospek di Kampus yang Harus Kamu Ketahui

Minggu 23-07-2023,23:16 WIB
Reporter : Rian Hariansyah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - OSPEK atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus adalah masa transisi yang penting bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan mulai merangkul kehidupan perkuliahan. 

OSPEK yang saat ini di setiap Kampus dibawah naungan Kemendikbud Ristek namanya sudah berubah menjadi PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru. Sedangkan kalau di Kampus seperti UIN, IAIN, dan STAIN itu bernama PBAK atau Pengenalan Budaya Akademik Kampus. 

Dalam rangkaian Ospek biasanya disetiap Kampus memiliki 3 tahapan yakni ada Ospek tingkat Universitas, kemudian Ospek tingkat Fakultas, dan terakhir Ospek tingkat Jurusan/Prodi.

Dalam Artikel ini kita akan bahas rangkaian Ospek tersebut satu persatu, Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

1. Ospek Universitas

Ospek Universitas atau yang dikenal saat ini PKKMB/PBAK merupakan tahapan pertama dari Mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan Kampus secara Universitas. Biasanya disini kamu akan dikenalkan siapa saja pimpinan Universitas mu, mulai dari Rektor, Wakil Rektor hingga jajaran dibawahnya seperti Kemahasiswaan.

Selain itu kamu akan dikenalkan sejarah Universitas mu berdiri hingga pengenalan Budaya Akademik perkuliahan ditingkat Universitas. Lalu kamu juga akan dikenalkan dengan Organisasi Mahasiswa apa saja yang bisa kamu ikuti di tingkat Universitas seperti BEM, DPM, MPM dan UKM. Biasanya juga Ospek tingkat Universitas ini dikoordinir oleh BEM Universitas yang bekerjasama dengan pihak Kemahasiswaan.

 2. Ospek Fakultas

Nah setelah kamu mengikuti Ospek di tingkat Universitas biasanya keesokan harinya kamu akan langsung mengikuti Ospek di tingkat Fakultas. Ospek Fakultas ini hanya diikuti oleh teman satu rumpun mu saja yang ada di Fakultas tersebut. Misalnya kamu dari Fakultas Pertanian maka hanya Maba dari Jurusan yang satu Fakultas denganmu saja yang akan mengikuti Ospek ini.

Di Ospek Fakultas ini kamu akan dikenalkan siapa saja pimpinan Fakultas mu, mulai dari Dekan, Wakil Dekan hingga jajaran nya. Kemudian kamu juga akan dikenalkan tentang sejarah berdirinya Fakultas mu dan Jurusan apa saja yang ada di Fakultas mu. Selain itu kamu juga akan dikenalkan dengan Organisasi Mahasiswa di tingkat Fakultas yang bisa kamu ikuti seperti BEM, DPM, UKM-F, dan HMJ. 

3. Ospek Jurusan/Prodi

Nah tahapan Ospek terakhir yang harus kamu lewati adalah Ospek Jurusan/Prodi yang hanya akan diikuti oleh teman satu jurusan mu saja atau teman seangkatan mu. Saat Ospek Jurusan kamu akan dikenalkan dengan Ketua Jurusan/Prodi mu beserta jajarannya seperti siapa saja Dosen yang akan mengajarimu nanti ketika kuliah dan lain sebagainya.

Kemudian kamu juga akan dikenalkan bagaimana sejarah berdirinya Jurusan/Prodi kamu. Selain itu kamu juga akan dikenalkan dengan Organisasi Mahasiswa yang bisa kamu ikuti di tingkat Jurusan seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan atau (HMJ). 

Nah itulah tahapan Ospek yang akan kamu lewati nanti saat menjadi Mahasiswa Baru di Kampusmu. Yuk persiapkan dirimu untuk menghadapi Ospek tersebut. 

 

Kategori :