Beragam Olahan Daging Untuk Sajian Saat Idul Adha

Selasa 20-06-2023,16:30 WIB
Reporter : Nurbaeti
Editor : Haidaroh

 

1. Rendang

Olahan daging satu ini seakan wajib untuk dicoba. Rendang merupakan makanan olahan daging yang terenak yang disukai banyak orang. Bahkan orang asing juga mengakui kelezatan dari cita rasa rendang.

 

Untuk bahannya kamu bisa siapkan 1 kg daging sapi bagian paha, 2500 ml santan dari 3 butir kelapa tua parut, 3 batang serai digeprek, 1 lembar daun kunyit disobek-sobek dan  5 lembar daun salam.

 

Setelah itu, siapkan bumbu halus yang terdiri dari 250 gr cabai keriting merah dan rawit, 250 gr bawang merah, 8 siung bawang putih, 1 sdt jinten, 1 sdt adas, 1 butir pala, 5 butir cengkeh, 3 butir kemiri, 1 sdt merica, 4 sdm ketumbar, 2 siung jahe, 2 siung lengkuas, 2 siung kunyit, garam dan gula secukupnya.

 

Cara membuat

1. Potong daging 1 kg menjadi 20 potongan. Lalu, tumbuk bumbu hingga halus.

 2. Masukkan santan ke dalam wajan, tambahkan serai, daun kunyit, daun salam, dan bumbu halus. Masak di atas api sambil ditimpa-timpa dengan santan hingga mendidih sekitar 15 menit.

 3. Masukkan daging yang telah dipotong, aduk hingga mendidih, lalu kecilkan api. Beri garam dan gula secukupnya. Masak sampai santan mengental dengan terus mengaduknya agar tidak gosong.

 4. Teruskan memasak dengan api kecil sampai rendang mengering dan berminyak.

 

2.      Daging sapi bumbu bali

Jika kamu bosan dengan olahan sate daging, kamu bisa mengolah daging sapi menggunakan bumbu bali. Bahan dan cara pembuatannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan 500 gram daging sapi, 2 batang serai yang telah ditumbuk, 5 daun jeruk, 6 sdm kecap manis, 15 cabai rawit (sesuai selera), garam, gula dan asam jawa. Setelah itu, haluskan 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 15 cabai merah keriting, 4 kemiri, 1 ruas jahe, minyak dan air secukupnya.

Kategori :