Biografi Singkat Tere Liye dan Karya Fenomenalnya

Jumat 09-06-2023,14:26 WIB
Reporter : Rahmi Ainun Nisa
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Tere Liye adalah seorang penulis dan novelis terkenal di Indonesia. Buku-buku karyanya banyak sekali yang fenomenal sampai habis terjual dalam waktu singkat.

Tere Liye, penulis berbakat ini memiliki nama asli Darwis. Lahir tahun 1979 di Lahat, Sumatera Selatan. Sejak remaja, Tere Liye sudah mulai menulis.

Selain menulis novel, Tere Liye juga aktif di media sosial, di mana ia sering berbagi pemikiran dan inspirasi kepada penggemar dan pembaca. Biar lebih seru, yuk kita simak biografi singkatnya berikut ini.

Banyak pembacanya yang tidak mengenal bagaimana sosok asli Tere Liye. Penulis ini mendapat kesan misterius, bahkan ada yang menganggapnya seorang perempuan karena terkecoh nama.

Tetapi ia memang tidak ingin orang lain mengenal sosoknya saja, ia lebih memilih agar orang-orang lebih mengenal karyanya.

Tere Liye terlahir dari orang tua yang sederhana, ia banyak menghabiskan waktu kecilnya di lingkungan kampung. Profesi orang tuanya hanyalah seorang petani.

Meskipun begitu, orang tuanya berhasil mendidik anak-anaknya dengan baik. Darwis adalah anak ke enam dari tujuh bersaudara.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA nya di Lampung, Darwis muda melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ia diterima di Universitas Indonesia jurusan Akuntansi.

Usut punya usut ternyata nama pena Tere Liye ini diambil dari sebuah lagu India ketika menyaksikan film Veer-Zaara yang pemeran utamanya Shah Rukh Khan.

Bakat menulisnya ini sangat luar biasa, tidak ada rahasianya untuk dapat menulis sebagus ini. ia memang hanya hobi saja menulis.

Selain menulis novel yang kisahnya seperti 'Hafalan Surat Delisa' Tere Liye juga mahir menulis novel dengan genre action.

Hampir semua genre pernah ia tulis, mulai dari genre anak-anak, sufisme, fantasi, science fiction, genre sosial, biografi, ekonomi,sejarah, bahkan kumpulan puisi dan quote.

Karya Fenomenal Tere Liye

Di antara karya-karya fenomenal yang pernah ditulis oleh Tere Liye adalah:

  • Rindu
  • Ayahku (bukan) Pembohong
  • Hafalan Surat Delisa
  • Rembulan Tenggelam di Wajahmu
  • Bumi (series)
  • Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Lebih dari 50 buku pernah ia tulis, bahkan setengahnya merupakan karya yang fenomenal dan banyak diburu para pemburu buku.

Kategori :