Waspada, Jangan Lakukan Ini atau Kesehatan Otak Kamu Akan Terganggu

Senin 19-02-2024,10:23 WIB
Reporter : Konitatu Rahmah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Otak merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh kita.

Selain berhubungan dengan kecerdasan seseorang, otak juga berfungsi sebagai pusat berjalannya seluruh organ tubuh, syaraf, dan pusat pengendalian diri lainnya.

Namun, terkadang kita sering kali menyepelekan kesehatan otak kita yang seharusnya penting sekali kita perhatikan. 

Banyak kegiatan dan kebiasaan yang kerap kali kita lakukan dan justru malah merusak otak kita loh.

Perhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan dapoat menyebabkan kerusakan pada fungsi dan kinerja otak kita:

1. Terlalu sering berada di ruangan gelap

Poin yang pertama ini benar-benar harus kita hindari. Karena, apabila kita terlalu sering berada di ruangan yang gelap, maka otak kita akan terus terdiam tanpa adanya pergerakan. Hal ini terjadi karena memang, ketika kita berada di suasana gelap, otak kita tidak akan bekerja karena suasana yang gelap.

BACA JUGA:Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Agar Membantu Meningkatkan Daya Ingat Otak

2. Terlalu banyak menerima berita buruk

Berita yang kita terima, secara tidak langsung akan terbaca kedalam pikiran kita, baik berita bagus ataupun buruk, sehingga akan menmpakkan dan menimbulkan perasaan dalam diri kita atas pesan yang diterima.

Namun, apabila banyak berita buruk yang kita terima, hal itu justru akan mempengaruhi kesehatan kita karena bertambahnya masalah dan pikiran yang akan terus kita pikirkan sehingga otak kita akan tersa stuck.

3. Menyendiri

Sikap menyendiri ini  perlu sekali dihindari. Ketika menyendiri, biasanya kita kerap kali lebih over thinking dan akan selalu merasa cemas, sehingga kinerja otak yang terus-menerus berada dalam pikiran yang nergatif.

4. Memakai headphones yang full volume

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang ini dapat mengganggu kesehatan otak kita, karena volume tinggi ini akan menghambat system kerja otak yang nantinya akan merambat pada system syaraf pendenran kita yang tentunya berpusatkan di otak kita.

Kategori :