Update Gempa Cianjur, BNPB Laporkan Korban Jiwa 271 Orang dan 2.043 Terluka

Kamis 24-11-2022,05:52 WIB
Editor : M Widodo

 

CIANJUR, INFORADAR.ID --- Jumlah korvan meninggal akibat gempa Cianjur terus bertambah. Begitu juga dengan korban luka dan pengungsi. 

Sesuai dengan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mencocokkan data dengan Kementerian Kesehatan disampaikan perkembangan penanganan korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. 

Berdasarkan data terbaru, jumlah korban jiwa bertambah menjadi 271 orang, korban luka 2.043 orang dan mengungsi 61.908 orang. 

"Kami sudah mengidentifikasi, mencocokkan data dengan Kemenkes di semua RS dan puskesmas yang sudah betul-betul ada jenazahnya tercatat 271 jenazah," ungkap Kepala BNPB Suharyanto dalam konferensi pers, Rabu (23/11/2022) sebagaimana dikutip dari laman PMJ News. 

Selain itu, BNPB juga melaporkan setidaknya ada 2.043 orang luka dan warga yang masih mengungsi sebanyak 61.908. "Korban luka bertambah menjadi 2.043 orang. Yang mengungsi menjadi 61.908 orang," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Suharyanto juga menjelaskan sebanyak 40 warga masih belum ditemukan dan dilakukan pencarian oleh tim gabungan.

"Ternyata yang hilang, terdata sampai sore ini 40 orang yang masih hilang. 39 di Cugenang, 1 di Warung Kondang," tukasnya.

BANTUAN LOGISTIK 

Sementara itu bantuan sembako dan logistik lainnya terus berdatangan dari berbagai daerah. Dari Pemprov Banten, Kota Serang, Pemkab Lebak sudah didistribusikan sejak Selasa lalu.

Rabu (23/11/2022) kemarin, Polres Cimahi Polda Jabar telah memberangkatan pendistribusikan bantuan sembako dan obat obatan untuk masyarakat terdampak bencana alam gempa Cianjur dan sekitarnya dengan bentuk bantuan kebutuhan logistik bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Cianjur dengan menggunakan 2 (dua) unit truk Dalmas Polres Cimahi, satu unit double cabin Satuan Samapta Polres Cimahi berikut 1 unit kendaraan Patwal Sat. Lantas Polres Cimahi Polda Jabar.

Pelepasan bantuan bencana alam Polres Cimahi Polda Jabar dipimpin langsung oleh Kapolres Cimahi Polda Jabar AKBP Imron Ermawan, didampingi Kabag Ops Polres Cimahi Kompol Ari Aprian Ferdiansyah dan para PJU Polres Cimahi, dengan jumlah personel Sat. Samapta yang berangkat sebanyak 15 orang dipimpin oleh Turjawali Sat. Shabara Polres Cimahi Polda Jabar IPDA Arismansyah.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo, menyampaikan penyaluran bantuan sosial ini sebagai wujud kepedulian Polri untuk masyarakat korban gempa bumi yang terjadi di Kab. Cianjur.

 

Editor: M Widodo

Kategori :