Warga Curug Dulang: Terima Kasih Berkat LKBA Kampung Kami Berubah

Selasa 07-06-2022,06:30 WIB
Reporter : natandhenay
Editor : natandhenay

CIKEUSAL, INFORADAR.ID - "Terima kasih banyak kepada seluruh Tim LKBA. Karena dengan mengikuti kegiatan tersebut banyak hal baru (yang terjadi di kampung kami)," kata Surtini, warga RW 08, Kampung Curug Dulang, Desa Sukaraja, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang melalui pesan WhatsApp (WA) kepada Radar Banten. 

Surtini mengirim WA setelah mengetahui bahwa RW 08 Kampung Curug Dulang Tahun 2022 ini tak lagi bisa mengikuti LKBA karena tahun sebelumnya sudah meraih juara umum. 

Kata Surtini, dengan mengikuti LKBA, warga kampungnya terjalin kebersamaan, kekeluargaan dan saling mengeluarkan gagasan untuk membenahi kampung menjadi lebih bersih, tertata, indah, rapi, berbunga dan aman. "Pokoknya seruuu. Dan yang pasti kampung kami ada perubahan. Yang tadinya kumuh, kini menjadi tertata," lanjut Ibu Surtini. 

BACA JUGA:Besok, Bupati Launching LKBA Kabupaten Serang 2022

Ibu Surtini bersama suaminya Bapak Johara adalah tokoh di Kampung Curug Dulang. Keduanya bersama warga tak kenal lelah bahu-membahu membenahi kampung.

Bahkan, keduanya rela kebunnya yang luas ditata rapi untuk fasilitas umum. Dilengkapi dengan bangku dan kursi panjang untuk berkumpul warga. "Ini buat kumpul-kumpul warga. Kalo sore banyak anak-anak main di sini," kata Bapak Johara saat ditanya mengenai fasilitas di kebunnya tersebut. 

Setiap ada kunjungan, termasuk tim juri LKBA selalu diajak istirahat di kebunnya yang dipenuhi pohon duren, rambutan, jeruk, dan lainnya. 

Ibu Surtini juga mengajak seluruh Tim LKBA, walaupun kampungnya tak lagi ikut LKBA, "Silaturahminya jangan terputus," pinta Ibu Surtini.

BACA JUGA:Sosialisasi LKBA di 29 Kecamatan Selesai, Tim Rangkum 8 Pertanyaan Teknis dan Non Teknis

Beberapa waktu lalu, penulis juga mengajak serta rekan penggowes mampir ke kediaman Ibu Surtini-Pak Johara yang asri. Langsung saja, keduanya langsung sibuk menyediakan kelapa muda. Dan, karena sedang musim rambutan, ketika pulang kami semua dibekali rambutan. 

***

Kampung Curug Dulang, Desa Sukaraja, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang adalah juara umum Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2021. Karena sudah menjadi juara umum, maka Tahun 2022 ini, Kampung Curug Dulang tidak bisa lagi mengikuti LKBA. 


Johara (paling kanan, bertopi) dan Surtini (keempat dari kiri) saat mendampingi Tim Juri LKBA 2021 keliling kampung. -Foto: M Widodo / Radar Banten-

Ketika itu ada 4 nominator juara umum. Yakni (1) RW 08 Curug Dulang, Desa Sukaraja (2) RW 01, Kampung Bangkong, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, (3) RW 03 Perum Griya Cilegon, Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu dan (4) RW 03, Kampung Baketor, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara. Dan, setelah melalui rapat pleno, juara umum ditetapkan RW 08 Kampung Curug Dulang. 

Dengan demikian RW 08 Kampung Curug Dulang tidak lagi boleh mengikuti kompetisi dalam LKBA 2022. 

Kategori :